150019 KALI DIBACA

Program PTSL, Pemkab Taput Terima Penghargaan Kementerian BPN/ATR RI

Program PTSL, Pemkab Taput Terima Penghargaan Kementerian BPN/ATR RI

METROMEDAN, SUMUT – Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dibuka langsung oleh Kakanwil ATR/BPN Sumut, Askani, SH., MH di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19 Januari 2023) untuk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara.

Dalam Rakerda ini yang menjadi Topik utama adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal implementasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Redistribusi Tanah yang merupakan program Presiden RI.

Dalam acara itu, Pemda diminta melakukan inovasi dan mengambil langkah konkrit untuk membantu masyarakat dalam hal mengurangi beban khususnya dalam melakukan sertifikasi tanah program PTSL.

Adapun dari semua Kabupaten/Kota yang telah mengambil langkah mengurangi beban masyarakat, salah satunya adalah Pemkab Tapanuli Utara (Taput), kebijakan Bupati Tapanuli Utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si telah mengurangi beban biaya masyarakat sebesar 75% biaya BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) pada program PTSL.

Dan untuk itu, Pemkab Taput berhak menerima penghargaan dari Kementerian ATR/BPN, yang diterima secara langsung oleh Kepala Bagian Hukum Setdakab Tapanuli Utara, Welly Simanjuntak, SH., MH.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provsu yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si meminta agar Pemda lain dapat mencontoh Pemkab Taput dan Kabupaten/Kota lain yang telah melakukan inovasi ini, dan berharap semakin giat dalam meringankan beban masyarakat.

“Bila perlu meNIHILkan biaya BPHTB program PTSL di Pemkab Taput khususnya, selain mendukung target program Bapak Presiden dalam capaian PTSL, nilai perekonomian masyarakat juga pasti semakin meningkat,” ungkap Basarin.

(MM01 Metromedan.co.id – Sumut)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family