216019 KALI DIBACA

Lima Fraksi DPRD Humbahas Keberatan Nipson Lumbangaol Jadi Sekwan 

Lima Fraksi DPRD Humbahas Keberatan Nipson Lumbangaol Jadi Sekwan 

METROMEDAN, SUMUT –  Lima (5) Fraksi DPRD Humbahas menyampaikan keberatan usulan pengangkatan Nipson Lumbangaol sebagai Sekretaris DPRD Humbahas.

Hal itu dilakukan sebelum Nipson Lumbangaol menduduki jabatan Sekretaris DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan baru dilantik beberapa hari lalu.

Pelantikan tersebut dilakukan Bupati Humbahas pada Selasa (10 Januari 2023) lalu, berbarengan melantik 29 orang PNS, diantaranya 12 orang eselon II, 17 orang pejabat administrator, dan pengawas.

Dibalik pelantikan Nipson Lumbangaol menjadi Sekwan disebut-sebut menyimpan sekelumit persoalan yang tak tersingkap ke publik.

Pengusulan nama Nipson Lumbangaol merupakan rekomendasi dari Ketua DPRD Humbahas, Ramses Lumbangaol.

Rekomendasi itu berdasarkan surat Ketua DPRD Humbahas bernomor 170/1712/DPRD/X/2022, tertanggal 7 Oktober 2022 diduga tidak sesuai aturan.

Meski adanya keberatan, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor tetap menetapkan Sekretaris DPRD Humbang Hasundutan berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan secara resmi olehnya.

Surat keberatan itu terungkap melalui 5 Fraksi DPRD Humbahas, ditujukan kepada Bupati yang ditandatangani masing-masing Ketua Fraksi tanggal 29 November 2022 ditembusan ke KASN.

Adapun kelima Fraksi itu yakni: Fraksi Golkar ditandatangani Bantu Tambunan, Fraksi Nasdem ditandatangani Marsono Simamora, Fraksi Hanura ditandatangani Sanggul R Manalu, Fraksi Gerindra-Demokrat ditandatangani Jimmy TH Purba, dan Fraksi Persatuan Solidaritas ditandatangani Guntur Sariaman Simamora.

Dalam isi suratnya, kelima Fraksi itu keberatan atas surat Ketua DPRD nomor 170/1712/DPRD/X/2022 tertanggal 7 Oktober 2022, perihal rekomendasi nama untuk diangkat menjadi Sekretaris DPRD Humbahas.

Menurut kelima fraksi itu, rekomendasi pada Nipson Lumbangaol menjadi Sekretaris DPRD Humbang Hasundutan diduga tidak sesuai aturan, karena fraksi-fraksi yang ada di DPRD Humbahas tidak mengetahui proses terbitnya rekomendasi tersebut.

“Demikian kami sampaikan, untuk menjadi bahan pertimbangan saudara Bupati. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih,” tulis dalam surat tersebut.

Ketua Fraksi Nasdem, Marsono Simamora saat dikonfirmasi awak media via telephone membenarkan surat keberatan tersebut.

“Benar, sebelum dilantik oleh Bupati, kita sudah keberatan,” ucap Marsono, Sabtu (14 Januari 2023).

Saat disinggung, kenapa tetap saja dilantik, sementara sudah ada surat keberatan tersebut, Marsono menegaskan akan mempertanyakan dan dirapatkan.

“Kita akan rapat kembali,” ujarnya.

Menurut Marsono, pengangkatan Nipson Lumbangaol tidak sesuai prosedur atau aturan yang berlaku. Seharusnya, proses tersebut terlebih dahulu dari fraksi, baru ke pimpinan DPRD.

“Harusnya begitu, baru pimpinan DPRD mengeluarkan rekomendasi ke Bupati. Tapi ini tidak ada,” tandasnya.

“Tapi saya masih di Amerika, nanti kami rapatkan kembali soal ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Fraksi Gerindra-Demokrat, Jimmy Togu Purba menyampaikan keheranannya. Ia menyebut akan melakukan rapat sesama Fraksi. “Nanti akan kami rapatkan kembali sesama fraksi,” katanya.

Sedangkan menurut tanggapan Ketua Fraksi Persatuan Solidaritas, Guntur Sariaman Simamora. Ia justru mengaku tidak tahu kenapa surat keberatan fraksi tidak direspon Bupati.

“Tanyakan kepada pemerintah, kenapa dia (Nipson) dilantik, padahal sudah ada surat keberatan kami,” ujarnya.

Guntur mengungkapkan, hingga saat ini surat kelima Fraksi tidak ada perubahan atau pun surat menyetujui bernama Nipson Lumbangaol menjadi Sekretaris DPRD Humbahas.

“Dari Fraksi belum ada kami batalkan surat keberatan tersebut,” jelasnya.

(Erik Metromedan.co.id – Sumut)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family