292619 KALI DIBACA

Depan Kantor BPJS Medan Banyak Calo ‘Gentayangan’

Depan Kantor BPJS Medan Banyak Calo ‘Gentayangan’

METROMEDAN, SUMUT – Di depan kantor BPJS Medan, Jalan Karya, Kec. Medan Barat banyak calo “bergentayangan” untuk menghampiri masyarakat yang hendak melakukan pengurusan ke kantor tersebut.

Masyarakat yang datang ke kantor BPJS wilayah hukum Polsek Medan Barat itu langsung dihampiri oleh para calo dan menawarkan jasa pengurusan kartu BPJS. “Mau ngurus apa pak biar saya bantu,” ujar seorang calo kepada awak media saat turun dari sepedamotor, Senin (09 Januari 2023).

Terlihat para calo itu terdiri dari laki-laki dan perempuan. Mereka bahkan ada yang membuka lapak semacam kantor beratapkan tenda dan dilengkapi dengan alat mesin printer, berada persis di samping depan kantor BPJS.

Penasaran dengan tawaran calo itu pun lalu awak media mengikuti ajakan sang calo menuju tempatnya mangkal yang berada di samping depan kantor BPJS. Oknum calo itu lalu mengatakan bahwa biaya pengurusan kartu BPJS sebesar Rp165 ribu/KK.

“Untuk 1 KK biayanya Rp165 ribu pak. Siapnya 14 hari,” ujar calo wanita diperkirakan berusia 40-an itu sembari mengatakan, untuk BPJS Kelas 3 iuran BPJS-nya Rp35 ribu/bulan.

Menanggapi keberadaan calo tersebut, Kepala Bidang (Kabid) SDM UKP Kantor Cabang BPJS Medan, Rahman Cahyo saat dikonfirmasi awak media, mengaku keheranan dan mengatakan, mengapa masyarakat masih mau berurusan dengan para calo tersebut, padahal sudah disediakan aplikasi Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui WA).

“Untuk pelayanan BPJS sebenarnya sudah sangat mudah dan tidak perlu datang sebenarnya ke kantor ini. Karena sudah ada dibuat aplikasi pelayanan BPJS, yakni Aplikasi Pandawa. Masyarakat cukup menelepon admin di nomor WA 0811 8165 165, nanti akan dilayani. Itu semacam call center untuk pelayanan BPJS,” kata Rahman Cahyo.

Dia menuturkan, pihaknya tidak bisa melarang para calo tersebut karena berada di areal luar pagar.

“Kalau mereka itu kan berada di luar pagar, jadi kita tidak bisa melarang mereka, itu bukan domain kita lagi,” jelas Rahman.

(Jaka Metromedan.co.id – Sumut)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family