43019 KALI DIBACA

Kapolri: Kehadiran SIM Online Untuk Menghilangkan Penyalahgunaan Wewenang 

Kapolri: Kehadiran SIM Online Untuk Menghilangkan Penyalahgunaan Wewenang 
METRO MEDAN – Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan, kehadiran aplikasi SIM online ini perwujudan dari janjinya saat fit and proper test dengan melaksanakan transformasi Presisi yakni kelembagaan, operasional, pelayanan publik dan pengawasan.
“Polri harus mengikuti strategi perkembagan teknologi dan adanya pandemi COVID-19,” ungkap Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meresmikan aplikasi SINAR (SIM Presisi Nasional) di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat, Selasa (13 April 2021).
Mantan Kabareskrim Polri ini menuturkan, dengan kehadiran SIM online ini dapat memberikan pelayanan kepolisian yang humanis dan menghindari kontak antara petugas dan masyarakat untuk menghilangkan penyalahgunaan wewenang.
“Sudah saatnya Polri menampilkan polisi lalu lintas (Polantas) yang berwibawa dan disegani masyarakat tanpa menggunakan senjata,” ucap Jenderal Listyo.
Mantan Kadiv Propam Polri ini pun mengapresiasi jajaran Korlantas Polri yang sekali lagi membuktikan penerapan teknologi dalam pelayanan masyarakat setelah adanya ETLE.
“Hari ini Korlantas membuktikan lagi setelah ETLE, kemudian mampu merubah pelayanan kepolisian yang selalu berinteraksi dengan masyarakat, dan hari ini pelayanan SIM yang bisa diakses dari rumah dan dimana saja,” terang Jenderal Listyo.
Jenderal bintang empat ini menyebut, dengan kehadiran SIM online, masyarakat yang membutuhkan pelayanan perpanjangan SIM bisa dilakukan dari rumah. Ke depan, Jenderal Listyo berharap permohonan SIM baru dan perpanjangan STNK juga bisa menggunakan aplikasi.
“Cukup dari rumah pelayanan perpanjangan SIM bisa dilakukan dengan menggandeng kantor pos untuk melakukan delivery (Pengiriman),” jelasnya.
Sedangkan dalam kemudahan pelayanan pembayaran PNBP SIM secara online, Korlantas sendiri menggandeng BNI. Melalui Virtual Account (VA) dan PT Pos Indonesia untuk layanan pengiriman SIM hingga ke tempat tinggal pemohon.
Kerja sama tersebut merupakan salah satu komitmen BNI untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, terutama dalam penerapan layanan secara digital yang secara konsisten digaungkan BNI.
Pada kesempatan itu, Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, BNI menyambut baik peluncuran SINAR ini sebagai upaya memudahkan pelayanan kepada masyarakat, implementasi digitalisasi dilingkungan Polri. Di sisi lain inovasi ini turut mendukung upaya Pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan melalui layanan perpanjangan SIM dari rumah saja.
BNI siap dengan solusi layanan digital untuk pembayaran SIM tersebut, dimana pemohon SIM akan mendapatkan Virtual Account (VA) BNI sebagai sarana melakukan pembayaran PNBP SIM.
“Untuk memudahkan masyarakat, Pembayaran PNBP tersebut bisa dilakukan melalui bank manapun termasuk melalui e-channel BNI seperti ATM, BNI Mobile Banking serta juga melalui seluruh kantor cabang BNI yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucap Royke.
(E Metromedan.co.id, Jakarta)
Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family