35219 KALI DIBACA

Ngaku Bisa Luluskan Akmil, Arianto Berujung Nipu Warga

Ngaku Bisa Luluskan Akmil, Arianto Berujung Nipu Warga

Metro Medan – Arianto, seorang pria yang mengaku berpangkat Mayor bertugas di Mabes TNI akhirnya diamankan Kodim 0201/BS dikawasan Pasar 8 Marelan, Medan, Sumatera Utara atas pengakuannya bisa meluluskan Akmil namun berujung menipu warga.

Perbuatan pelaku Arianto menggunakan kaos loreng TNI dan memakai kaca mata hitam itu terkuak bermula atas laporan warga Ryan Sinaga yang menyebutkan berhasil mengamankan seorang oknum TNI gadungan berpangkat Mayor atas nama Arianto.

Pasi Intel Kodim 0201/BS, Mayor Czi Andri Prasetyo Wibowo dalam keterangan persnya menerangkan, bahwa pelaku juga berhasil memperdayakan warga bernama Antoni dengan iming- iming bisa lulus Akmil dengan membayarkan uang Rp.60 juta lebih.

Andri didampingi Ketua Tim Danpok Bansus Kodim 0201/BS, Serka Irwan Charles Sitompul, SH., MH menyatakan, korban merasa yakin Tersangka Arianto seorang Prajurit TNI, karena tersangka sering membawa senjata api. Namun kalau untuk senjata api ini belum diketahui apakah senjata softgun atau mancis. Ditambah korban semakin yakin ketika dibawa untuk cek kesehatan di RSU Putri Hijau.

Selain meminta uang, tersangka Arianto berhasil membawa Satu Unit Sepeda Motor Yamaha Scorpio Z, dengan Nopol BK BK 5579 LAA yang merupakan milik Antoni dengan dalih mau dipakai.

Tak hanya melakukan penipuan terhadap Antoni, tersangka juga berhasil menipu Irwan Cs dengan uang belasan juta untuk keperluan kepengurusan tanah Eks HGU PTPN2 di Binjai dan Tanjung Morawa.

Dari sinilah terungkap bahwa tersangka Arianto pernah menjadi Satpam PTPN II yang bertugas di Batangkuis, selama 7 tahun dan kemudian dipecat.

Selanjutnya, tersangka dalam menjalankan aksinya tidak sendirian ada seorang lagi yang berhasil kabur saat diamankan oleh korban. Dan saat ini, orang yang kabur diketahui bernama Ucok.

Guna pengembangan kasus penyelidikannya, tersangka Arianto diserahkan ke Polrestabes Medan.

Sebelumnya, terjadi aksi kejar-kejaran yang dilakukan oleh keluarga korban Ryan Sinaga dan Antoni, mulai dari SPBU Krakatau simpang Cemara hingga tersangka dapat diamankan dikawasan Pasar 8 Marelan.

(MM Menayangkan, Red)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family