40219 KALI DIBACA

Babinsa Koramil 04/TL Hadiri Program Pelayanan IVA Test Dinas Kesehatan Provinsi

Babinsa Koramil 04/TL Hadiri Program Pelayanan IVA Test Dinas Kesehatan Provinsi

B.BARA (Metro Medan) –  Babinsa Koramil 04/TL Jajaran Kodim 0208/Asahan Koptu Suherman dan Sertu Syahbudin menghadiri program pelayanan IVA Test dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara di Puskesmas Petatal, Kecamatan Datuk Tanah Datar, Kabupaten Batu Bara, yang dipimpin langsung oleh Dr Yani, Ketua Puskesmas Ibu Tetty Safitri yang dibantu seluruh Staf dan Pegawai Puskesmas Batu Bara, Kamis (21 Maret 2019).

Pemeriksaan ini salah satu bentuk program promotif dan preventif bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

“ Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dijamin BPJS Kesehatan. Sehingga, peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya,” ucap Sertu Syahbudin.

Melalui kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kesehatan Kota Medan, BPJS Kesehatan siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS. Jika setelah diperiksa dirasa perlu penanganan lebih lanjut, maka pasien akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Dijelaskan Dr Yani, kanker serviks tidak langsung nampak. Umumnya masyarakat baru mengetahui menderita kanker serviks ketika sudah stadium lanjut.

“ Kita harap masyarakat lebih waspada dengan penyakit tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas dengan mendeteksi kanker leher rahim pada 30 orang ibu-ibu. Ini sudah dilakukan tiap tahun. Pemeriksaan tidak sulit dan rumit, tetapi mudah dan murah,” terangnya.

(Dari B.Bara, MM/Penrem 022/PT Menayangkan)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Locco.Ro