161219 KALI DIBACA

Pelda Yasir Sujoko Beri Penyuluhan Pencegahan Bencana Kebakaran

Pelda Yasir Sujoko Beri Penyuluhan Pencegahan Bencana Kebakaran

SURAKARTA (Metro Medan) – Batuud 04/Jebres Kodim 0735/Surakarta, Pelda Yasir Sujoko sebagai Narasumber penyuluhan pencegahan bencana kebakaran Tahun 2019 di Pendapo Kecamatan Jebres, Rabu (20 Maret 2019) pukul 09:00 WIB.

Dalam hal ini, peran TNI membantu Pemerintah dalam penanggulangan/pencegahan bencana alam terutama di daerah padat penduduk. Kegiatan penyuluhan tersebut dihadiri kurang lebih 40 orang.

Adapun sebagai Nara sumber penyuluhan pencegahan kebakaran, Ahmad Arzoni. ST. MT selaku Kabid pencegahan Dinas Kebakaran Kota Surakarta, Bhabinkamtibmas Polsek Jebres, AKP Sutino Binma, Batuud Koramil/04 Jebres Kodim 0735 Surakarta dan para peserta pelatihan penanggulangan pemadam kebakaran secara tradisional maupun modern dengan Akpar.

Pada kesempatan itu, Pelda Yasir menyampaikan, kegiatan pelatihan pencegahan pemadam kebakaran kota Surakarta dikaitkan dengan tugas pokok TNI untuk membantu Pemerintah  sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI menjelaskan, bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD negara Republik Indonesia tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Lanjutnya berkata, disamping itu dijelaskan juga tentang tugas TNI membantu Pemerintah seperti tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP), kriteria bencana, prinsip-prinsip dalam pencegahan bencana alam, pertimbangan pelaksanaan, tataran kewenangan, mekanisme pelibatan satuan TNI AD, tahap pra bencana dan tahap tanggap darurat.

Kegiatan pelatihan ini juga dilaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran oleh Dinas Pemadam kebakaran kota Surakarta ini bertujuan untuk memberikan pembekalan, pemahaman, pengetahuan, perencanaan serta keterampilan teknis penanggulangan bencana bagi satuan tugas penanggulangan bencana Kota Surakarta dengan materi antara lain manajemen penanggulangan bencana, peran TNI dalam penanggulangan bencana, teknik evakuasi korban bencana, pertolongan korban akibat bencana, pencegahan pemadam kebakaran.

Bersama Instansi terkait memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tiap harinya menjual barang berbahaya Gas, Bensin, pelumas dll untuk pelayan kepada masyarakat.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyadarkan Masyarakat agar tidak lupa mematikan Kompor atau Api saat ditinggal keluar Rumah atau pergi. jauhkan dari barang-barang yang mudah terbakar,” terang Babinsa.

(Dari Surakarta, MM, Agus Kemplu Pendim Solo Menayangkan)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family