105619 KALI DIBACA

Pekerja CCBI Unjuk Rasa di Depan Pabrik

Pekerja CCBI Unjuk Rasa di Depan Pabrik

Metro Medan –  Sebanyak ratusan pekerja PT. Coca Cola Bottling Indonesia (CCBI) dan PT Coca Cola Distribution Indonesia (CCDI) dibawah naungan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) mengelar aksi unjuk rasa didepan gerbang pabrik Jln. KL. Yosudarso Kilometer 14, Kel. Martubung, Kec. Medan Labuhan, Senin (26/04/2016) pukul 10.00 WIB.

Massa yang mengatasnamakan Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Dan Minuman (PUK SP. RTMM – SPSI) mengajukan 7 tuntutan yang harus dipenuhi pihak Perusahaan yakni, sistem upah berkala yang harus diberikan pihak Perusahaan sesuai dengan surat keputusan pemerintah tentang UMS (Upah Minimum Standar) Kota Medan, upah pokok dan tunjangan yang harus dipisah.

Selanjutnya, massa juga meminta peninjauan kembali sistem perhitungan lembur yang ternyata selama ini tidak memenuhi standart perhitungan upah lembur perjam sesuai dengan perundangan yang berlaku, menolak adanya pemotongan upah lembur, 4 jam lembur hanya dibayar 3 jam lembur dan 12 jam lembur dibayar cuma 11 jam lembur.

Pendemo juga meminta untuk meninjau kembali sistem pembagian shift kerja 4 group yang menurut karyawan sangat merugikan pekerja karena dengan sistem tersebut telah terjadi penambahan jam kerja tanpa dibayarnya upah lembur dengan dasar perhitungan jam kerja 40 jam satu minggu dan 5 hari dalam seminggu. Selanjutnya, telah terjadi pelanggaran UU ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 sesuai dengan pasal 66 ayat 1 dan 2 tentang penempatan tenaga kerja outsourching yang memasuki kegiatan pokok berhubungan langsung dengan produksi.

Terakhir, karyawan juga menuntut ditinjaunya kembali kebijakan yang memaksa setiap pekerja yang memiliki kenderaan bermotor harus memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku masa aktifnya agar dapat memasuki wilayah perusahaan.

” Ketujuh tuntutan yang kami ajukan tersebut merupakan kesepakatan dari seluruh karyawan-karyawati. Kami selama ini keberatan dengan peraturan yang dikeluarkan pihak Perusahaan. Jika tuntutan tersebut tidak dipenuhi, kami akan tetap melakukan mogok kerja,” cetus Dedek Rosadi (30) salah satu karyawan PT. CCBI saat demo berlangsung.

(Dari Medan, MM-12 Menayangkan)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family