12219 KALI DIBACA

Remisi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, 90 WBP Bebas 1 Syawal

Remisi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, 90 WBP Bebas 1 Syawal

Metro Medan – Sebanyak 90 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) langsung menghirup udara bebas pada 1 Syawal nanti setelah mendapatkan remisi lebaran. WBP tersebut termasuk diantara 12.517 warga binaan di Sumatera Utara yang memperoleh remisi Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

“Tahun ini total ada 12.517 warga binaan menerima remisi lebaran, dengan perincian menerima remisi khusus sebagian (RK I) sebanyak 12.427 orang dan remisi khusus seluruhnya (RK II) sebanyak 90 orang”, kata Kepala Kantor Wilayah  (Kakanwil) Kemenkumham Sumut, Dewa Putu Gede kepada sejumlah awak media yang menghampirinya belum lama ini.

Dalam siaran persnya, Dewa berharap narapidana yang mendapatkan remisi tersebut senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menurutnya pemberian remisi merupakan hikmah yang layak diterima narapidana.

“Sebab remisi merupakan hikmah yang layak narapidana terima karena telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif yang ditetapkan,” sebut Orang nomor satu di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut.

Dewa mengungkapkan, untuk Lebaran 2019, terdapat delapan narapidana kasus korupsi di Sumut menerima RK I. Ia menjelaskan, RK I pemotongan masa tahanan berkisar dari 15 hari hingga dua bulan.

“Mekanisme penyerahan SK (surat keputusan) remisi akan disampaikan oleh masing-masing kepala lapas dan kepala rutan, Rabu 5 Juni 2019, usai pelaksanaan shallat Idul Fitri,” terangnya.

(Dari Humas Kanwil, MM Menayangkan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below