18719 KALI DIBACA

Danramil 01/MD: Penyemprotan Guna Antisipasi dan Cegah Kerusakan Padi

Danramil 01/MD: Penyemprotan Guna Antisipasi dan Cegah Kerusakan Padi

Ket. Gambar: Dampingi Petani, Koptu Herianto Ketika Melalukan Penyemprotan Hama Padi di Desa Durian Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Kamis (26/04/2018). (MM)

 

B.BARA (Metro Medan)

Kapten Inf SK Purba, Komandan Koramil 01/MD jajaran Kodim 0208/Asahan mengajak seluruh anggotanya untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat petani, khususnya para petani yang ada di Desa Durian Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

“ Sebab saat ini perlu dilakukan penyemprotan, guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya kerusakan padi,” kata Kapten Inf SK Purba, Kamis (26/04/2018).

Ia menyebut, hama tanaman padi merupakan salah satu kendala bagi Petani untuk bisa meningkatkan produksi usaha tani bahkan serangan hama tertentu seperti tikus dan wereng bisa mengakibatkan puso atau gagal panen.

” Oleh karena itu sebagai petani harus selalu waspada dengan adanya serangan hama,” imbauhnya.

Lanjut Danramil berkata, Koptu Herianto selalu mengajak para petani untuk selalu memonitoring lahan persawahan minimal 1 minggu sekali, bahkan kalau bisa 2 kali dalam satu minggu.

Dijelaskan Koptu Herianto, agar proses penyemprotan hama padi ini berjalan dengan cepat, dirinya selaku Babinsa selalu membantu para petani melakukan penyemprotan.

” Dengan teknik penyemprotan yang benar, agar kegiatan mengendalikan serangan hama dan penyakit bisa dioptimalkan pertumbuhan tanaman padinya, semua itu dilakukan guna menyukseskan serta mewujudkan swasembada pangan,” ujarnya.

Dicetuskannya, Petani akan mengalami kerugian yang diakibatkan adanya hama wereng, sehingga perlu dilakukan penyemprotan seperti halnya yang dilakukan di sawah milik Bapak Azhari yang luasnya 10 rante, warga Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara.

(Dari B.Bara, MM Menayangkan)

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below