157019 KALI DIBACA

Menteri LHK Gelar Acara Peringatan Hari Bumi di Lapangan Merdeka

Menteri LHK Gelar Acara Peringatan Hari Bumi di Lapangan Merdeka

Ket. Gambar: Menteri LHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, Msc Didampingi Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin, MSi Saat Menggelar Acara Peringatan Hari Bumi dan Acara Launching Medan Zero Warte City 2020 di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (22 April 2018). (MM)

 

 

Metro Medan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, Msc menggelar acara peringatan Hari Bumi dan Acara Launching Medan Zero Warte City 2020 di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (22 April 2018).

Dalam sambutannya, Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin, MSi mengucapkan terima kasih kepada Menteri LHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, Msc, karena telah mempercayakan Kota Medan menjadi tuan Rumah Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018.

Dikatakannya lagi, apalagi dalam acara peringatan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi manusia akan bumi, melalui launching yang dilakukan tersebut, Ibukota Provinsi Sumatera Utara ini diharapkan bersih dari sampah di tahun 2020.

Dijelaskan Walikota, setiap harinya kota Medan yang memiliki luas sekitar 26.000 hektar ini menghasilkan sampah sebanyak 2.500-3.000 ton. Pengelolaan sampah selama ini dilakukan secara kovensional artinya sampah yang ada diangkut dan di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ia menyebut, selain cara konvesional, dirinya  juga ingin pengelolaan sampah di Kota Medan dilakukan dengan menggunakan teknologi. Selain mengatasi masalah sampah, juga menghasilkan energi terbarukan.

Walikota yakin penggunaan teknologi dalam pengelolaan sampah tentunya sangat mendukung terwujudnya Medan Zero Waste City 2020 guna mewujudkan hal itu, Walikota mengaku perlu dukungan Pemerintah pusat.

Oleh karenanya kehadiran Menteri LHK ini dalam peringatan Hari Bumi di Lapangan Merdeka. Diharapkan dapat menyahuti keinginan tersebut sekaligus menjadikan Kota Medan sebagai Pilot Project Penanggulangan Sampah di Indonesia.

Walikota pun optimis apa yang menjadi keinginan Pemko Medan ini, tentunya mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari WALHI Sumut maupun komunitas pecinta sungai yang ada.

Selain membersihkan sungai dan bantaran sungai dari sampah, Walikota pun yakin mereka akan membantu memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk hidup bersih dan tidak membuang sampah ke dalam sungai,” pungkas Dzulmi Eldin.

(Dari Medan, MM Menayangkan)

Loading...
This site is using SEO Baclinks plugin created by Cocktail Family