50319 KALI DIBACA

Seputar Peresmian PT. SOL, Humas Pemkab Taput Beda Info Dengan Humas PT. SOL

Seputar Peresmian PT. SOL, Humas Pemkab Taput Beda Info Dengan Humas PT. SOL
Teks Foto: Lokasi PT. SOL di Sarulla, Kab. Tapanuli Utara. (TN)

TAPUT (Metro Medan)

Seputar beredarnya informasi terkait peresmian PT. Sarulla Operation Limited, Ltd (PT. SOL) yang akan langsung diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo sampai saat ini belum ada jadwal pasti dari pihak PT. SOL maupun Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Humas PT. SOL Hindustan Sitompul saat dikonfirmasi melalui ponsel miliknya, Selasa (15/11/2016) mengatakan, jika pihaknya belum mendapatkan informasi yang pasti terkait jadwal peresmian PT. SOL.

” Saya belum dapat informasi pastinya pak, tks,” sebutnya.

Sedangkan menurut tanggapan Kabag Humas Pemkab Taput, Donna Situmeang saat dikonfirmasi perihal tersebut melalui ponsel miliknya mengatakan, seputar peresmian PT. SOL yang akan diresmikan oleh Presiden RI, menurutnya direncanakan pada tanggal 26 Desember 2016 ini dan itu lanjutnya berkata, merupakan gawean PT. SOL.

” Sebagai tuan rumah saat ini kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait,” terangnya.

Kapolres Taput, AKBP Dudus Harley Davidson, SIK melalui Kasubbag Humas, Aiptu W. Barimbing, SH mengaku, jika pihaknya sampai saat ini belum ada mendapatkan surat resmi terkait kapan dilaksanakan peresmian PT. SOL tersebut. Namun, meskipun demikian, lanjut Barimbing berkata, pihaknya senantiasa selalu siap kapanpun itu.

” Kapanpun peresmian itu dilaksanakan Polres Taput selalu siap melakukan pengamanan, apalagi dengan adanya gejolak yang baru baru ini terjadi disana, antara pihak perusahaan dan masyarakat,” tegasnya.

Salah seorang Tokoh Pemuda Kab. Taput, Rahlan San Rico Tobing ketika dikonfirmasi seputar persiapan peresmian PT. SOL mengatakan, jika semuanya berpulang pada waktu Presiden, mungkin saat ini Pak Jokowi belum menentukan waktu terkait peresmian itu.

” Waktu Pak Presidenkan sangat padat, apalagi dengan gejolak yang ada di Ibukota, sehingga waktu beliau belum ada,” katanya menduga.

Terpisah, Direktur Sumut Institute, Osril Limbong, M.Si mengatakan bahwa peresmian PT. SOL sangat dinantikan masyarakat Tapanuli Utara, sebab menurutnya, sejak diresmikan, dengan sendirinya aturan mengenai Pertambangan dapat dilaksanakan untuk kesejahteraan rakyat, sesuai dengan UUD 1945 Pasal 33.

” Kita mengapresiasi Presiden RI bapak Jokowi yang dengan cepat menyelesaikan pekerjaan yang menyangkut kesejahteraan rakyat,” ucapnya seraya menambahkan agar Bupati Taput, hendaknya dapat memberikan informasi kepada Menteri ESDM terkait jadwal peresmian PT. SOL, karena menurutnya Taput merupakan tuan rumah.

Diketahui, Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB) Sarulla, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara, adalah sebuah mega proyek raksasa yang dilakukan oleh PT Medco Energi Internasional, Itochu Corporation (Jepang), Kyushu Electric Power Co, Inc. (Jepang), dan Ormat Technologies Co, Inc. (AS).

Proyek yang disebut-sebut sebagai proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di dunia. Rencananya, setiap kwh listrik yang dihasilkan akan dijual kepada PLN dengan harga $0,4622. Listrik yang dihasilkan, diharapkan akan dapat memenuhi 1/3 dari kebutuhan listrik Provinsi Sumatera Utara, khususnya untuk memenuhi kebutuhan industri.

Rasio pembagian keuntungan proyek ini adalah PT Medco 37,5%, Itochu 25%, Kyushu Electric Power 25%, Ormat Technologies 12,5%. Biaya total pembangunannya ditaksir mencapai $800 juta dan dikatakan bahwa 70% dari dananya dikucurkan oleh JBIC (Japan Bank for International Cooperation) dan OPIC (Overseas Private Investment Corporation).

Eksploitasi sumur dalam proyek ini akan dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: 1. Daerah Silangkitang: sebesar 110 MW, dan 2. Daerah Namora I Langit: masing-masing sebesar 110 MW. Direncanakan, proyek ini akan selesai pada tahun 2010 – 2012 yang lalu, namun dengan berbagai kendala penyelesaiannya menjadi terkendala.

(Dari Taput, MM-17 Menayangkan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below