39119 KALI DIBACA

Kobaran Api Hanguskan Pasar Aksara

Kobaran Api Hanguskan Pasar Aksara

Teks Foto : Gedung Pasar Aksara Ludes Terbakar. (MM)

Metro Medan – Maraknya kobaran api akhirnya menghanguskan seluruh isi gedung Pasar Aksara yang berlokasi di Jln. Prof. Ahmad Yamin/ Jln. Aksara, Selasa (12/07/2016) siang, pukul 12:00 WIB.

Menurut keterangan salah satu saksi mata yang juga berprofesi sebagai pedagang berinisial H mengatakan, kepulan asap pertama kali keluar dari dalam toko milik pedagang pakaian yang berinisial MK di lantai II, diduga kepulan asap itu berasal dari korsleting kulkas yang sejak awal lebaran tidak dimatikan oleh pemilik sewaktu ditinggal libur pemilik kios.

” Asap pertama kali saya lihat dari arah kiosnya MK, itu sekira pukul 12:00  WIB, saya rasa kepulan asap itu dari kulkas yang berada didalam kios tersebut, tapi kulkas itu tidak dimatikan oleh pemilik semenjak awal lebaran sampai hari ini,sementara pemilik gak buka-buka kios sampai hari ini. Nah pada saat asap sudah tebal saya sempat menelpon pihak PT. Azi, dan dari pihak PT datang satu perwakilan ke lantai dua, namun asap sudah semakin menebal dan tak dapat tertolong lagi, saya hampir setengah jam berada diatas sana,” ujar H.

Anehnya, setelah api sudah mulai membesar di dalam lantai dua tersebut, pihak PD Pasar setempat tidak mau bertindak cepat untuk mengupayakan memadamkan api atau menelpon pemadam kebakaran apalagi untuk alat-alat pencegahan kebakaran yang ada di gedung pasar tidak berfungsi sama sekali.

” Pada saat api sudah mulai marak petugas PD Pasar disini tidak mau bertindak sigap untuk membantu memadamkan api atau cepat menelpon pemadam kebakaran, dan yang makin membuat kita para pedagang kesal, alat-alat pencegahan kebakaran gedung seperti crean air dan gas penyemprot untuk pemadaman api tidak ada yang berfungsi sama sekali. Akibat kebakaran ini saya mengalami kerugian barang dagangan kurang lebih dua ratus juta rupiah bang,” jeritnya kepada salah satu petugas pemadam kebakaran.

H menambahkan harapannya kedepannya pihak PD Pasar untuk dapat lebih lagi peduli kepada para pedagang-pedagang tradisional yang berada dilokasi pasar aksara ini, dan kepada pemerintah kota maupun instansi yang terkait supaya memberikan perhatian kepada para pedagang yang terkena musibah ini.

” Yah harapan saya untuk PD Pasar disini kedepannya, tolong lah diperhatika para pedagang-pedagang disini, jangan lah semacam tidak mau peduli kepada para pedagang, dan untuk pemerintah kota Medan saya berharap adalah perhatian mereka kepada kami para pedagang yang lagi tertimpa musibah ini, entah itu berupa bantuan dana ataupun pemberian lapak sementara sembari menunggu bangunan ini di bangun kembali,” harapnya.

Sementara itu Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Lesman Zendrato ketika dikonfirmasi Wartawan terkait berapa banyak personil kepolisian yang diturunkan kelokasi dan apakah ada korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut mengatakan.

” Untuk personil kepolisian yang diterjunkan dilokasi kurang lebih 300 personil, yang itu gabungan dari personil Sat Sabhara Polresta, Sat Reskrim, Sat Intelkam, Sat Lantas dan ditambah personil Polsek Percut Sei Tuan, dan untuk sementara belum ada korban jiwa, dan untuk kerugian material keseluruhan ditaksir Milyaran Rupiah,” ungkap Zendrato.

Dilapangan petugas pemadam kebakaran berupaya menjinakan kobakaran api dengan menyiramkan air. Terdengar teriakan histeris sejumlah pedagang seketika menyaksikan kobaran api melahap seluruh isi gedung, terlihat ratusan petugas kepolisian berjaga-jaga di lokasi serta mengatur pengalihan arus lalu lintas dan ratusan warga juga turut memadati areal lokasi kebakaran.

Hingga berita ini diturunkan sekira pukul 20:00 WIB, kobaran api belum juga dapat dipadamkan.

(Dari Medan, MM Menayangkan)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below